Bisnis Warnet

Warnet….

kata-kata ini cukup populer dikalangan pelajar dan mahasiswa, ditempat inilah mereka bisa mendapatkan segudang informasi yang ibaratnya sebagai perpustakaan dunia yang menjadi gerbang penghubung dengan belahan dunia lainnya.saat ini bisnis warnet sedang menjamur, hampir di setiap sudut keramaian kota dan seputaran kampus2 sudah ada warnet.dengan berbagai fitur yang disajikan di warnet, mulai dengan merangkap sebagai cafe, hotspot, game online dan berbagai kemudahan2 lainnya.

menurut saya saat ini bisnis warnet masih menjajikan hal ini dapat dilihat dengan mulainya penetrasi internet sudah sampai ke tahap sekolah menengah setingkat sma/smk dan smp, hampir rata2 anak sekolah sudah mengerti dan pernah ke warnet. mereka rata2 kena demam internet malah sehabis sekolah tidak pulang kerumah , malah tinggal diwarnet.

untuk membuat warnet sebenarnya susah2 gampang, namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan sbb:

1.lokasi anda (usahakan cari tempat yg strategis dekat dgn keramain khususnya kampus2 dan sekolah)

2.koneksi anda ( carilah provider yang bisa mensupport layanan 24 jam online, hal ini untuk memberikan pelayanan yg maksimal ke user anda)

3. gunakan sistem operasi original/ free open source ( semua kembali ke dana anda )

4.rancang lah desain interior ruangan anda senyaman mungkin (usahakan user anda bisa betah di warnet anda misal nya di lengkapi dengan full musik atau cafe) , namun itu semua kembali ke kemampuan dana anda.

5.jangan lupa accessories tambahan lainnya, misalnya tawarkan game online,rental,translate dll.

6.carilah operator yg bisa di percaya , dan tau akan kebutuhan user misalnya friendster,chatting,ym, email, sehingga user yg belum faham bisa di pandu dgn mudah, usahakan juga mengerti hardware komputer, dibutuhkan jika hardware komputer anda perlu di maintenance

7.jangan lupa perbaiki manajemen nya, karena kebanyakan warnet tutup karena manajemen nya tdk bagus.

selamat mencoba
sumber:google.com

~ by harinto on December 29, 2008.

Leave a comment