Troubleshooting Layanan Speedy
Identifikasi awal
1. Untuk mengetahui brand switch di sentral yang digunakan oleh anda dapat diidentifikasi dengan no pelanggan/akun pada bit ke 7 dari depan :
0 (Siemens)
1 (Alcatel)
2 (Huawei)
2. Untuk mengetahui lokasi area anda, dapat diidentifikasi dengan no pelanggan/akun pada bit ke 4 dari depan :
1 Jakarta Timur
2 Jakarta Selatan
3 Jakarta Bogor
4 Tangerang
5 Jakarta Utara
6 Jakarta Pusat
7 Jakarta Barat
8 Bekasi
Berikut beberapa macam jenis keluhan layanan Speedy Corporate, yaitu :
1. Internet Putus atau Internet Lambat, jika terjadi hal ini mohon pelanggan browse dan ping ke situs-situs berikut, kemudian yang hasilnya not ok, capture dan kirimkan hasilnya melalui e-mail ke c4@telkom.co.id atau input keluhan di menu keluhan web C4 : http://www.c4.telkom.co.id agar segera ditindak lanjuti oleh petugas kami
Browse ke situs lokal : ke www.plasa.com ok/not ok
ke www.detik.com ok/not ok
Browse ke situs luar : ke www.yahoo.com ok /not ok
ke www.network-tools.com ok/not ok
Ping ke situs lokal : ke www.plasa.com ok/not ok
ke www.detik.com ok/not ok
Ping ke situs luar : ke www.yahoo.com ok /not ok
ke www.network-tools.com ok/not ok
2. Mail / SMTP Relay,
Jika terjadi tidak dapat kirim/terima e-mail mohon pelanggan mengecek domain e-mail dan account e-mail kemudian mencoba untuk kirim/terima e-mail ke/dari :
www.plasa.com ok /not ok
www.yahoo.com ok /not ok
jika not ok, captured warning/error message, domain e-mail dan account e-mail yang digunakan dan kirimkan hasilnya ke c4@telkom.co.id atau input keluhan di menu keluhan web C4 : http://www.c4.telkom.co.id agar segera ditindak lanjuti oleh petugas kami.
3. Game online / Ragnarok
Koneksi ke game : ping ke server ok /not ok
trace ke server ok /not ok
Setelah ping dan trace ke server dan hasilnya not ok, hasil captured, server game address dan server game port yang digunakan kirimkan ke c4@telkom.co.id atau input keluhan di menu keluhan web C4 : http://www.c4.telkom.co.id agar segera ditindak lanjuti oleh petugas kami.
4. Cek Backbone Internet (Optional)
Untuk mengetahui kondisi backbone internet anda dapat melakukan ping/trace seperti dibawah ini,
BB Siemens : ping/trace 203.130.231.249 dari user ok /not ok
ping/trace 203.130.231.249 dari luar ok /not ok
ping/trace 203.130.231.250 dari user ok /not ok
ping/trace 203.130.231.250 dari luar ok /not ok
BB Alcatel : ping/trace 203.130.231.253 dari user ok /not ok
ping/trace 203.130.231.253 dari luar ok /not ok
ping/trace 203.130.231.254 dari user ok /not ok
ping/trace 203.130.231.254 dari luar ok /not ok
source : harrychanputra.web.id